Ayam Ciparage, Legenda Ayam Aduan Asli Indonesia

Posted: Tuesday, April 16, 2013 by @pohontua28 in Labels: ,
1



Sangat sulit mencari artikel mengenai ayam Ciparage ini secara detail. Setelah share, browsing, dan membaca buku2 ternyata hanya beberapa baris saja saya mendapatkan info tentang ayam legenda asli Indonesia ini. Dan memang sedikit sekali info yang bisa kita dapatkan tentang ayam ini. Ada yang bilang sudah punah, namun saat browsing di dunia maya, saya mendapati di salah satu blog (http://ternakburmafarm.blogspot.com/2012/01/pejantan-burma-brazil-belum-mabung.html) ada yang memiliki trah ayam Ciparage ini. Sayang si empunya blog malah akan menyilangkan ayam Ciparage ini dengan ayam Burma. Padahal trah asli ayam ini sudah jarang sekali kita temui, bahkan di daerah asalnya sekalipun. Oke, langsung saja kita menuju artikel yang berhasil dikumpulkan penulis tentang trah ayam Ciparage ini.

Ayam Ciparage adalah salah satu jenis ayam laga asli bumi Indonesia. Ayam ini berasal dari Kabupaten Kerawang, Desa Cilamaya, Kampung Ciparage. Konon ayam ini adalah ayam keturunan piaraan Adipati Singaperbangsa. Ayam Ciparage dalam sejarah Indonesia dikenal sebagai ayam laga yang handal dan karena kehandalannya ayam ini terlihat seperti hanya dongeng cerita rakyat (mitos). Ayam ciparage memiliki kelebihan dalam hal akurasi jalu dan kecepatan, tetapi ukuran tubuhnya kecil seperti ayam burma. Ayam ciparage tidak memiliki ciri khusus pada katuranggan, menurut beberapa sumber mengatakan warna ayam ciparage ini ada dua macam yaitu jalak (hitam seperti burung jalak) dan jali emas (coklat keemasan). Untuk bobot ayam itu sendiri sekitar 2 -2,5 kg.
Info lain mengenai ayam Ciparage versi mitos masyarakat Karawang dapat dilihat di alamat berikut : http://www.facebook.com/AyamTangkasWanayasaPurwakarta/posts/581146211911794

Galeri foto ayam Ciparage yang berhasil dikumpulkan.




Terima kasih…SND

1 comments:

  1. ternyata ada to ayam aduan asli indonesia, kirain ayam aduan cuma dari luar semua, soalnya gak terkenal juga sih